Pimpin Upacara HBA ke-64, Kajari Dompu Bacakan Amanat Jaksa Agung

Kategori Berita

.

Pimpin Upacara HBA ke-64, Kajari Dompu Bacakan Amanat Jaksa Agung

Koran lensa pos
Senin, 22 Juli 2024
Upacara Peringatan HBA ke-64 tahun 2024 di Halaman Kantor Kejari Dompu, Senin pagi (22/7/2024)



Koranlensapos.com - Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) berlangsung dengan khikmad di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Dompu, Senin pagi (22/7/2024). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kajari Dompu, Burhanuddin.

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Dompu baik ASN maupun PPNPN serta pengurus Ikatan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kabupaten Dompu. 


Pada kesempatan tersebut, Kajari membacakan amanat Jaksa Agung RI, Sanitiar Burhanuddin.

Kajari Dompu, Burhanuddin membacakan amanat Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin pada Upacara Peringatan HBA ke-64 tahun 2024, Senin (22/7/2024)


Jaksa Agung mengemukakan dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini, Kejaksaaan mampu mencetak sejarah dengan menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya.

Kejaksaan mampu hadir untuk mewujudkan serta menjawab harapan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan keadilan, pemanfaatan, dan kepastian hukum. Kejaksaan juga mampu melaksanakan penegakan hukum dan pemberantasan kejahatan tanpa pandang bulu, namun tetap humanis.

Dia melanjutkan keberhasilan ini adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas bersama dalam melaksanakan tugas dan kewenangan. Tidak pernah ada suatu prestasi atau keberhasilan yang dicapai tanpa perjuangan dan tantangan.

"Oleh karena itu, saya ingatkan agar kita semua selalu waspada. Jangan lengah sedikit pun, karena upaya pelemahan terhadap institusi yang kita cintai ini selalu digencarkan oleh oknum-oknum penjahat dan pihak yang tidak nyaman dengan penegakan hukum Kejaksaaan," pintanya.

Jaksa Agung menegaskan kembali, capaian kinerja ini harus dijaga, dirawat, dan ditumbuhkembangkan. "Jangan sia-siakan segala pengorbanan dan kerja keras yang telah kita lakukan bersama," tandasnya.

Selanjutnya Jaksa Agung mengingatkan seluruh jajaran Kejaksaan untuk menjaga netralitas selama masa perhelatan Pilkada serentak 2024.

Dilatakannya pilkada akan dilaksanakan secara serentak pada 27 November 2024 mendatang, sehingga diperlukan persiapan dan peranan dari jajaran Kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu).

Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh insan Adhyaksa untuk tetap netral. Jalsa Agung secara tegas akan memberi sanksi bagi yang melanggar.

“Saya tegaskan, tidak ada ruang politik praktik bagi kita. Netralitas Adhyaksa adalah harga mati. Kalian melenceng, aku tindak. Ingat itu,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kajari Dompu selaku Irup juga menyampaikan tujuh perintah harian Jaksa Agung RI Tahun 2024. 
Pertama, membangun budaya kerja yang terencana, prosedural, terukur, dan akuntabel dengan terwujudnya kepatuhan internal dan mitigasi risiko untuk mencapai tujuan organisasi;

Kedua, Jaksa Agung memerintahkan insan Adhyaksa untuk menggunakan hati nurani dan akal sehat sebagai landasan di dalam melaksanakan tugas dan kewenangan;

Ketiga, para jajaran harus mewujudkan soliditas melalui kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak guna mengaktualisasikan prinsip een en ondeelbaar atau penuntutan harus ada pada satu lembaga;


Keempat, memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas secara efektif.

Berikutnya, ia memerintahkan para insan Adhyaksa untuk menjadikan pembinaan, pengawasan, dan badan pendidikan serta pelatihan Kejaksaan sebagai trisula penggerak perubahan sekaligus penjamin mutu pelaksanaan tugas secara profesional dan terukur.

Keenam, insan Adhyaksa harus melaksanakan penegakan hukum yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat;

Ketujuh, persiapkan arah kebijakan institusi kejaksaan dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

Peringatan HBA ke-64 tahun 2024 mengusung tema "Akselerasi Kejaksaan RI untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas".

Kajari menyampaikan bahwa upacara tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka
Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 22 Juli. 
Sebelumnya Kejaksaan Negeri Dompu telah melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya 
melaksanakan kegiatan donor darah, bakti sosial dan anjangsana serta melakukan 
upacara di Taman Makam Pahlawan Dompu. 
Setelah pelaksanaan upacara Kepala Kejaksaan Negeri Dompu beserta seluruh 
pegawai melakukan syukuran dan pemotongan tumpeng bertempat di Aula Kantor 
Kejaksaan Negeri Dompu. Selain itu Kepala Kejaksaan Negeri Dompu membagikan 
berbagai macam doorprize kepada seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Dompu serta kepada para Purnaja yang juga turut diundang dalam kegiatan tersebut. (emo).