KNPI Dompu Siap Jadi Mitra Strategis Sekaligus Mitra Kritis bagi Pemerintah

Kategori Berita

.

KNPI Dompu Siap Jadi Mitra Strategis Sekaligus Mitra Kritis bagi Pemerintah

Koran lensa pos
Minggu, 20 Oktober 2024
Prosesi Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD KNPI.Kabupaten Dompu masa bakti 2024 - 2027 di Aula Pendopo Bupati Dompu, Sabtu (19/10/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Pengurus DPD KNPI Kabupaten Dompu masa bakti 2024 - 2027 siap menjadi mitra strategis sekaligus mitra kritis bagi pemerintah. 

Penegasan itu disampaikan Ketua DPD KNPI Kabupaten Dompu, Muhammad Iradat usai pelantikan dan pengukuhan yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Dompu, Sabtu (19/10/2024).

"Kita bersedia sebagai mitra strategis dan sekaligus menjadi mitra yang kritis bagi pemerintah," tegas Iradat.

Sikap kritis langsung ditunjukkan pula oleh Iradat pada momen tersebut. Ketidakhadiran OPD pengampu seperti Dinas Dikpora Kabupaten Dompu menjadi hal yang dikritisinya. 

"Undangan sudah kami serahkan dua hari yang lalu. OPD pengampu Dinas Dikpora tidak hadir pada acara pelantikan ini. Jadi pemuda harusnya menjadi mitra strategis bisa jadi akan menjadi mitra kritis bagi pemerintah," ucapnya tegas.

Dikatakannya selama masa 3 tahun ke depan mengemban amanah untuk menjadi mitra strategis sekaligus mitra kritis bagi pemerintah. Iradat optimis akan bisa menjalankan amanah yang diemban itu karena bersamanya para tokoh muda yang potensial.

"Insya ALLAH DPD ll KNPI yang baru dilantik dan dikukuhkan untuk periode 2024-2027 "fresh from water", segar dan siap saji," ucapnya.

Dikatakannya KNPI Kabupaten Dompu akan menjadi bagian dari solusi. Bukan hanya pandai mengkritik namun akan menawarkan jalan keluar yang konkret. 

"Tentunya harus dibangun kesepahaman dan kesepakatan integral dalam mengawal rencana-rencana dan progam-program kerja pembangunan Nasional dan Daerah," ucapnya.

Dikatakannya KNPI ke depannya siap mengawal sekaligus membantu menyiapkan solusi pembaharu. Ia meyakini hal itu dapat dilakukan karena bersamanya dalam tubuh DPD KNPI Kabupaten Dompu masa bakti 2024 - 2027 adalah tokoh-tokoh terbaik di Kabupaten Dompu yang energik dan potensial.

"KNPI telah lahir dengan Kepengurusan baru yang berisi tokoh-tokoh muda terbaik Dompu, pemimpin masa depan Dompu. Tokoh-tokoh yang siap memberikan input ide, gagasan, sekaligus solusi dalam kompleksitas persoalan-persoalan daerah, khususnya yang lahir dari aktivitas dan dinamika kepemudaan. Kalau berbicara kemampuan, rekam jejak dan potensi, saya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan para pemuda di depan saya ini. Beliau-beliau merupakan pemuda-pemuda inspiratif dan pelopor yang menjadi guru bagi saya," ucapnya.

Sebagai ketua yang diamanatkan kepadanya, Iradat menyatakan siap berjuang untuk bersama pemerintah dalam membangun daerah, mengambangkan inovasi dan kreativitas kepemudaan bahkan menjadi penyambung lidah dalam menyalurkan aspirasi pemuda. Ia mengibaratkan dirinya siap menjadi samsak, tumbal, atau jembatan.

"Tapi tetap dengan pola pendekatan yang makruf dan dialogis," ucapnya.

Pada momen tersebut, sosok santun yang kesehariannya sebagai Kasi Humas RSUD Dompu ini menyampaikan.
terima kasih kepada semua pihak atas kesuksesan acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPD KNPI Kabupatn Dompu. 

"Terutama jajaran Panitia yang luar biasa, di bawah kendali Bung Firmansyah (Marombo) sebagai Ketua Panitia dan Sekretaris panitia Bang Hendra Cipta. Sekaligus ucapan penghormatan kepada Pimpinan Wilayah kami, jajaran DPD 1 NTB di bawah Kendali Bung Ketua H. Baihaqi ST., M.M, dan Sekum Bung Edi Kurniawansyah M.Pd. 
Begitupula Pemerintah Daerah Dompu dan tamu undangan yang telah sudi hadir pada Pelantikan dan Pengukuhan DPD ll KNPI Dompu," kata Iradat.

Terima kasih dan dan sikap takzim juga disampaikannya kepada dewan pengurus yang sangat dibanggakannya, para sesepuh, tokoh-tokoh purna kader yang dianggapnya sebagai guru dalam berbagai hal.
 
Iradat berharap KNPI menjadi kawah candradimuka sekaligus wahana komtributif bagi pemuda untuk kemajuan daerah bermoto Nggahi Rawi Pahu itu. 

Mengakhiri sambutannya, Iradat meminta kepada dewan pengurus untuk menghindari terjadinya pengotak-ngotakan dalam tubuh kepengurusan KNPI Kabupaten Dompu. Salah satunya karena perbedaan pilihan politik dalam Pilkada  tahun 2024 ini. 

"Saya mohon hindari kotak mengkotak. Hindari perbedaan yang mengganggu ritme perjalanan organisasi ke depannya. Lupakan perbedaan apalagi tahun ini tahun politik," pintanya.

Sekretaris Umum DPD KNPI Provinsi NTB, Edy Kurniawansyah yang hadir sekaligus melantik Pengurus DPD KNPI Kabupaten Dompu periode 2024 - 2027 itu menyampaikan KNPI harus menjalankan dua tugas pokok dan fungsinya sebagai agen perubahan dan mitra strategis pemerintah. 

Terkait hal itu, ia menegaskan.
keberadaan KNPI tidak boleh dipandang sebelah mata oleh pemerintah.

Sekum juga menyampaikan saat ini momentum Pilkada 2024 ini agar tidak menyeret organisasi dalam politik praktis. 

"Setiap kita memiliki kebebasan secara pribadi untuk memilih  tetapi mohon kepada teman-teman untuk tidak membawa nama organisasi. Supaya organisasi kita tidak tergadai dengan urusan politik," pungkasnya. (emo).