Sebanyak 233 Lulusan STKIP YAPIS Dompu Angkatan X Diwisuda

Kategori Berita

.

Sebanyak 233 Lulusan STKIP YAPIS Dompu Angkatan X Diwisuda

Koran lensa pos
Kamis, 03 Oktober 2024
Prosesi wisuda 233 Sarjana lulusan STKIP YAPIS Dompu yang berlangsung di Paruga Samakai, Rabu (2/10/2024)



Koranlensapos.com - Sebanyak 233 orang lulusan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Dompu diwisuda. Wisuda berlangsung di Paruga Samakai Dompu pada hari Rabu (2/10/2024).


Ketua STKIP YAPIS Dompu, Dr. Dodo Kurniawan, S.E., M.E dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya dengan baik hingga berhasil mendapatkan gelar kesarjanaan jenjang Strata Satu (S1).


"Perkenankan kami atas nama pribadi, maupun institusi dan seluruh civitas akademika STKIP YAPIS Dompu, dengan penuh kebanggaan pada wisuda kali ini mempersembahkan 233 orang lulusan STKIP YAPIS Dompu dari berbagai program studi yaitu Prodi PBSI 20 orang, Prodi PSJR 10 orang, PBING 15 orang, Prodi PGSD 91 orang, Prodi PJKR 28 orang, dan Prodi PTI 69 orang. Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, kami mengucapkan selamat kepada saudara-saudara dan keluarga. Saudara-saudara telah berhasil dengan baik menyelesaiakan studi di Kampus STKIP YAPIS Dompu ini. Keberhasilan saudara-saudara ini adalah bukti kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas saudara-saudara," ujarnya.

Diyakininya dalam proses penyelesaian studi, para wisudawan banyak mengalami tantangan dan rintangan. Karena untuk menggapai sebuah cita-cita dan kesuksesan tidak selamanya melalui jalan yang mulus, namun pasti akan berhadapan dengan berbagai aral melintang. 

"Untuk itu, kami menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan saudara dalam melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan. Kepada orang tua, wali dan keluagra wisudawan, kami turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan anak-anaknya," imbuhnya.

Dilanjutkan Doktor muda ini, 
Wisuda Angkatan ke 10 tahun 2024 ini merupakan wisuda yang begitu istemewa karena berbagai capaian gemilang oleh kampus STKIP YAPIS Dompu.

"Selain Akreditasi Institusi BAIK SEKALI yang telah kita raih tahun 2023, pada tahun 2024 dua Prodi yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Sejarah juga Meraih Akreditasi BAIK SEKALI," sebutnya.

Dodo mengungkapkan pula sejumlah keistimewaan lain yang telah ditorehkan STKIP YAPIS Dompu. Di antaranya 6 Dosen melanjutkan kuliah S3 (Doktoral), 45 orang Mahasiswa Kampus STKIP YAPIS Dompu lolos Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Kemdikbud Ristek (Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa dan dan Magang Bersertifikat). Pihaknya juga meraih Kompetisi Hibah Kemdikbud Ristek melalui skema Peneltian, PKM dan PDK sebanyak 16 kelompok  (terdiri dari 6 PDP, 9 PKM, 1 PDK).

Di samping itu, sebanyak 6 orang dosen lolos sertifikasi Dosen Profesional. Dengan demikian total Dosen Kampus STKIP YAPIS Dompu yang telah mendapatkan Sertifkat Dosen Profesional berjumlah 35 orang dari Total Dosen tetap 47 Orang.
Sedangkan jumlah mahasiswa baru tahun 2024 ini terbanyak yakni 740 orang.

Lebih lanjut Dodo Kurniawan mengemukakan untuk mencapai Visi Kampus STKIP YAPIS Dompu sebagai “Perguruan Tinggi Keguruan yang Unggul, Berwawasan Islami dan Berdaya Saing Nasional tahun 2027”, disadari dengan sungguh-sungguh bahwa keterlibatan berbagai pihak sangatlah diperlukan, baik Mahasiswa, Dosen, Staf, Alumni, Pemerintah Daerah, dan DUDIKA. 

"Secara khusus, Kampus STKIP YAPIS Dompu menyakini bahwa peran alumni yang telah dan akan berkiprah di lingkungan Pemerintahan, pihak swasta, serta di kehidupan masyarakat lainnya dalam bahu membahu bersama seluruh civitas akademika STKIP YAPIS Dompu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah hal yang sangat penting," sebutnya.


Dipaparkan Dodo, kemajuan kampus STKIP YAPIS Dompu bukanlah semata-mata hasil dari upaya sivitas akademikanya saja, melainkan juga karena peran besar para Alumnusnya. 

"Keberhasilan dan prestasi alumni inilah yang juga kami yakini menjadikan kampus STKIP YAPIS Dompu sebagai tujuan untuk menimba ilmu bagi masyarakat luas. Saudara-saudara sebagai alumni merupakan representasi Kampus STKIP YAPIS Dompu di Sekolah dan di Masyarakat. Perilaku saudara-saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus STKIP YAPIS Dompu. Oleh karena itu, kami berpesan agar saudara-saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, bersikap, dan bertindak kreatif dan inovatif, Melalui Konsep KIP (Kolaboratif, Inovatif, Profesional) yang dilandasi nilai-nilai islami yakni kejujuran, dapat dipercaya/amanah, adil, saling membantu dalam kebaikan dan berkelanjutan/istiqomah)," pintanya.


Pada kesempatan tersebut, atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika, Dodo Kurniawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua/wali wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya kepada untuk menempuh pendidikn tinggi di STKIP YAPIS Dompu.

"Tanpa kepercayaan tersebut, sudah tentu Kampus STKIP YAPIS Dompu tidak dapat berbuat banyak dalam penciptaan suasana akademik yang kondusif dan peningkatan kualitas tata kelola Kampus STKIP YAPIS Dompu," ungkapnya.


Kerja sama yang baik yang telah terjalin, lanjutnya agar lebih ditingkatkan terus walaupun putra-putrinya sudah tidak di kampus ini lagi. 

"Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, kami serahkan kembali para wisudawan ke pangkuan Bapak/Ibu sekalian," ucapnya lagi.

Doktor Dodo juga menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dan keterbatasan yang ditemui para wisudawan selama menempuh studi di STKIP YAPIS Dompu.


"Kami menyadari sepenuhnya bahwa apa yang telah diberikan oleh Kampus STKIP YAPIS Dompu kepada Saudara, belumlah sempurna. Masih banyak kekurangan dalam berbagai aspek, baik sarana prasarana, proses pembelajaran maupun layanan non akademik lainnya. Kekurangan ini sudah tentu menimbulkan rasa kurang puas dalam diri Saudara. Untuk itu, kami atas nama pimpinan dan lembaga, memohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian pula, dalam interaksi dengan Saudara selama ini, sudah tentu ada tutur kata dan perilaku dosen, pegawai, pustakawan, laboran dan teknisi yang kurang berkenan di hati Saudara. Untuk itu, perkenankanlah kami memohon maaf atas segala kekurangan tersebut. Sekali lagi, kami mengucapkan selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan beserta keluarga. Selamat berjuang dan selamat mengabdikan ilmu yang Saudara miliki bagi masyarakat. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menuntun dan menerangi jalan kemana pun Saudara melangkah. Semoga para wisudawan yang sangat kami cintai, bisa meraih sukses dan menggapai masa depan yang gemilang," ucapnya.

Memungkasi sambutannya, Ketua STKIP YAPIS Dompu ini  menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua wisudawan. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga kepada para sejawat dosen yang telah berhasil mengantarkan keberhasilan para wisudawan. Juga kepada seluruh tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan para wisudawan. Tidak terkecuali panitia pelaksana wisuda yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini, dan
Hadirin yang terhormat yang dengan penuh perhatian dan kesabaran mengikuti prosesi wisuda ini sehingga terlaksana dengan khidmat. (emo).