Produktivitas Jagung Dompu Tertinggi di NTB

Kategori Berita

.

Produktivitas Jagung Dompu Tertinggi di NTB

Koran lensa pos
Minggu, 19 November 2023
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni bersama Kepala BPS Kabupaten Dompu, Isa usai menerima Penghargaan dari Pemprov NTB atas capaian produktivitas komoditas jagung tertinggi di NTB



Mataram, koranlensapos.com - Produktivitas komoditas jagung di Kabupaten Dompu tertinggi di NTB yakni rata-rata 82,46 kuintal per hektare.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni dengan merujuk pada hasil Rapat Sinkronisasi dan Penetapan Angka Tetap (ATAP) Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan Tahun 2022 Tingkat Provinsi NTB.

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat Oriza Sativa Distanbun Provinsi NTB tanggal 31 Oktober 2023. Dihadiri seluruh Pimpinan Dinas Pertanian dan BPS se Kabupaten/Kota di Provinsi NTB .

"Setelah dilakukan sinkronisasi dan pembahasan series data dan  dengan menggunakan metode Kerangka Sampel Area (KSA) oleh Pihak BPS Provinsi NTB,  disimpulkan bahwa Kabupaten Dompu menjadi Kabupaten/Kota  di NTB  yang memiliki angka rata-rata produktivitas tertinggi untuk komoditi jagung yaitu sebesar *82,46 kwintal/Ha. Sementara Kota Mataram tertinggi untuk produktivitas Komoditi padi yaitu sebesar 64,79 kwintal/Ha," ungkap Kadistanbun dalam diskusi di WAG Lakeynews kemarin.

Dikatakannya, bagi Kabupaten Dompu pencapaian ini menunjukan trend yang positif karena di tahun sebelumnya untuk komoditas jagung produktivitas rata-rata sebesar 65,05 kwintal/Ha dan berada di urutan ke 4 dari kabupaten/kota lainnya.

"Dan sebagai permakluman bahwa data luas panen dan luas tanam yang dihitung dalam pencapaian angka produksi dan produktivitas ini adalah pada lahan yang di luar kawasan (hutan). Artinya tingkat produksi dan produktivitas jagung yang dimaksud ini tidak terkait langsung dengan kerusakan hutan. karena data merujuk pada series data resmi dalam statistika Pertanian," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya untuk produktivitas komoditas padi, Dompu masih perlu kerja keras. 

"Karena berdasarkan ATAP tersebut, Dompu masih berada di urutan ke 7 terkait provitas padi yaitu masih berada pada angka 51.65 kwintal/Ha," jelasnya.





Berkat pencapaian produktivitas jagung sebagaimana disebut di atas, Kabupaten Dompu mendapatkan Piagam Penghargaan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB. (emo).