KPU Dompu Berharap Seluruh Komponen Ambil Peran Wujudkan Pilkada Damai

Kategori Berita

.

KPU Dompu Berharap Seluruh Komponen Ambil Peran Wujudkan Pilkada Damai

Koran lensa pos
Rabu, 28 Agustus 2024
Para Komisioner KPU Dompu saat memberikan keterangan terkait persiapan Pilkada dalam acara Coffee Morning dengan para pimpinan media di Kafe Uma Tua Rabalaju, Jumat (23/8/2024) lalu



Koranlensapos.com - KPU Kabupaten Dompu berharap seluruh komponen masyarakat mengambil peran masing-masing dalam upaya mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. Komponen-komponen dimaksud adalah para kandidat bakal calon, pengurus partai politik, massa pendukung, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan berbagai elemen lainnya. Tidak terkecuali pemerintah dan penyelenggara Pemilu di semua tingkatan.

Harapan itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arif Rahman melalui Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM, Yusuf saat kegiatan coffee morning bersama para pimpinan media yang digelar di Kafe Uma Tua, Jumat (23/8/2024) lalu.

Ditegaskan Yusuf, perbedaan pilihan adalah sesuatu yang biasa. Karena sejatinya perbedaan adalah rahmat.

"Perbedaan adalah rahmat. Karena perbedaan itu rahmat, maka harus dikelola untuk menuai rahmat bagi semesta alam," kata pria yang familiar disapa Bang Sandhy itu.


Dikatakannya sebagai penyelenggara Pemilu, KPU Kabupaten Dompu berharap tidak terjadi pengotak-ngotakkan di tengah masyarakat Dompu  karena perbedaan pilihan politik ini. 

"Jangan sampai ada perpecahan antara saudara dengan saudara. Jangan sampai ada perpecahan antara keluarga dengan keluarga. Karena siapa pun yang terpilih nanti, itu adalah bupati kita bersama," pintanya.

Harapan yang sama juga dialamatkan kepada para insan pers. Komisioner KPU Kabupaten Dompu ini meminta para awak media berperan penting menyampaikan informasi-informasi yang menyejukkan, netral dan tidak provokatif. 

"Bila perlu teman-teman media bersama kami di KPU meredam tensi yang sudah terlanjur panas ini," ujarnya.

Yusuf kemudian mendoakan
semoga momentum Pilkada ini berjalan aman, damai, lancar dan melahirkan pemimpin  berkualitas sebagaimana tagline Pilkada Serentak yang ditetapkan oleh KPU Dompu "Manggini, Manggari, Mataroa". 

(Dalam bahasa daerah Dompu, istilah Manggini ditujukan kepada tanaman yang menghasilkan buah (biji) yang berbobot, padat dan berisi.  Manggari ditujukan kepada sebuah pohon besar bercabang rindang dan berdaun lebat dengan naungan yang teduh dan menyejukkan. Sedangkan Mataroa ibarat lampu yang memiliki cahaya yang menerangi).

"Diksi Manggini lebih kami harapkan kepada internal kami. Kami harapkan Pilkada berjalan penuh integritas oleh penyelenggara. Berkualitas juga oleh tim pemenangan dan juga oleh partai politik. Diksi Manggari harapan kami masyarakat ini menghadapi momentum Pilkada dengan riang gembira walaupun berbeda pilihan tapi datang ke TPS dengan riang gembira dalam suasana kekeluargaan. Terlepas dari siapa pun calon yang dicoblos di bilik suara. Diksi Mataroa, harapannya selain penyelenggaraan Pilkada yang secara transparan dan akuntabel, juga bisa melahirkan pemimpin yang membawa kecerahan dan harapan-harapan yang lebih baik di Kabupaten Dompu," urainya. (emo).