Aplikasi E-TANAO, Inovasi IGI Dompu dengan STKIP YAPIS Diluncurkan

Kategori Berita

.

Aplikasi E-TANAO, Inovasi IGI Dompu dengan STKIP YAPIS Diluncurkan

Koran lensa pos
Jumat, 06 September 2024


Launching sekaligus Workshop dan Pelatihan Aplikasi E-Tanao di Kampus STKIP YAPIS Dompu, Rabu (4/9/2024)


Koranlensapos.com - Sebuah karya inovatif dalam dunia pendidikan di Kabupaten Dompu berhasil dirancang. Aplikasi itu bernama E-TANAO, hasil kerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Dompu dengan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Dompu.


Peluncuran E-TANAO itu berlangsung di Kampus STKIP YAPIS Dompu, Rabu (4/9/2024). Acara launching dirangkaikan dengan workshop dan pelatihan aplikasi dimaksud.


Tampil sebagai pemateri Muhammad Gunawan, M. Pd (Pengawas Sekolah), Ilyas Yasin, MM. Pd (Dosen STKIP YAPIS Dompu), Tim PKM yang terdiri dari Andi Prayudi, M. Kom (Ketua Tim), Supriyaddin, M. Kom (Ketua Tim), Ismail, M. App.Ling (Anggota Tim) serta Ketua IGI Kabupaten Dompu, Ida  Faridah, S. Pd (Mitra PKM).



"Aplikasi E-Tanao ini platform satu pintu barbasis lokal  Kabupaten Dompu. Platform E-Tanao ini merupakan kerja sama IGI Dompu dengan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP YAPIS Dompu," jelas Ketua IGI Kabupaten Dompu, Ida Faridah selaku mitra PKM.


Dikemukakan Ida, aplikasi E-Tanao ini dirancang untuk membantu guru dalam mencari sumber belajar dan berbagi praktik, baik video pembelajaran, perangkat pembelajaran, maupun mencari berita pendidikan di Kabupaten Dompu.


"Harapanya E-Tanao ini menjadi pusat layanan pendidikan berbasis digital yang dapat diakses oleh tenaga pendidikan di Kabupaten Dompu sehingga bisa berbagi pengetahuan, berkolaborasi dan mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan lokal. E- Tanao juga diharapkan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus menerus berkembang," harap Ida.


Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber hebat Kabupaten Dompu, yakni Arifin, S. Si. Ia adalah Duta Teknologi Nusa Tenggara Barat sekaligus Co Capten.Id. Arifin memaparkan materi Pemanfaatan Akun Belajar.id bagi guru.


Hadir pula sebagai narasumber pengurus IGI Dompu, Usman, S. Pd. Guru SDN 12 Pekat ini merupakan Calon Guru Pengerak Angkatan 10. (emo).