Cegah Perundungan, Dosen STKIP Yapis Gelar Pelatihan di SDN 6 Pajo

Kategori Berita

.

Cegah Perundungan, Dosen STKIP Yapis Gelar Pelatihan di SDN 6 Pajo

Koran lensa pos
Kamis, 12 September 2024
Koranlensapos.com - Untuk mencegah terjadinya tindakan perundungan di lingkungan sekolah, tim dosen STKIP Yapis Dompu melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) di SDN 6 Pajo, Selasa (10/9/2024). 

Kegiatan itu mengusung tema “Pendampingan dan Pelatihan Penyusunan Instrumen Bimbingan Konseling Berbasis Teknologi sebagai Upaya Pencegahan Tindakan Perundungan di SDN 6 Pajo Kabupaten Dompu” yang diikuti sejumlah guru sekolah setempat. 

Ketua tim Angga Putra, M.Pd  menjelaskan, kegiatan PKM tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan dibiayai oleh Kemendikbudristek. Narasumber dalam pelatihan tersebut, kata dia, semuanya adalah dosen STKIP Yapis yakni Ija Srirahmawati, M.Pd, Putri Surya Damayanti, M.Pd dan Andi Prayudi, M.Kom. 

Angga menyatakan, saat ini perundungan sering terjadi di hampir semua jenjang pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi. 
“Mungkin sebagian orang menganggap membully sebagai hal biasa, tapi sebetulnya dapat memengaruhi mental anak dan kualitas belajar. Anak-anak yang sering dibully temannya boleh jadi akan malas datang sekolah. Nah hal-hal itulah antara lain yang akan kita bahas dalam kegiatan ini,” ujarnya.  

Kepala SDN 6 Pajo Abdullah SPdI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim dosen STKIP Yapis atas kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut. Kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang sangat tepat dan dibutuhkan pihaknya untuk mencegah terjadinya perundungan terutama di sekolah. 

“Sebab saat ini beberapa kasus  perundungan di sekolah tertentu bahkan ada yang sampai kepada pihak kepolisian,” ujarnya sambil  berharap kerja sama tersebut dapat terus dilakukan pada masa mendatang. 

Pemateri Ija Srirahmawati membawakan materi tentang Bimbingan Konseling sebagai upaya mengatasi tindakan perundungan di sekolah dasar (SD), Putri Surya Damayanti membahas tentang teknis dan tata cara  penyusunan instrumen pengamatan bimbingan dan konseling dalam memantau tindakan perundungan di SD, sedangkan Andi Prayudi memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan instrument Bimbingan Konseling dalam mengamati aktivitas siswa terkait dengan tindakan perundungan berbasis website.

Pelatihan diakhiri dengan pemberian cendera mata oleh Ketua tim Angga Putra kepada Kepala SDN 6 Pajo, Abdullah (Emo).